Home » » Berjoget Bagus untuk Kesehatan Mental Remaja Putri

Berjoget Bagus untuk Kesehatan Mental Remaja Putri

Written By Unknown on Kamis, 22 November 2012 | 12.02


Berjoget Bagus untuk Kesehatan Mental Remaja Putri

Berjoget bisa mengurangi stres pada remaja putri. Dengan berjoget remaja bakal merasa senang dan cara ini jitu untuk mengusir ketegangan.

Demikian hasil penelitian yang dilansir TheMedGuru, Kamis (22/11/2012). Studi ini menemukan, menari dengan musik kesukaan Anda dan melakukan gerakan yang menyenangkan juga bisa meningkatkan rasa percaya diri.

Penulis penelitian, Anna Duberg, yang juga terapis di Orebro University Hospital di Swedia mengatakan, menari adalah bentuk aktivitas fisik yang populer, terutama bagi remaja perempuan.

"Ini bisa memberikan dukungan dan kesempatan untuk mendorong tubuh yang kurang bergerak dan fisik," jelasnya.

Untuk menentukan apakah menari bisa meningkatkan kesehatan mental remaja peelitian, dilakukan penelitian terhadap 112 anak perempuan usia 13-18 tahun.

"Mereka mencari bantuan dari perawat sekolah pada suatu waktu untuk gejala sepeeri cemas, depresi, lelah, sakit kepala, punggung, leher, dan nyeri bahu.

Ada dua kelompok dalam penelitian ini. Satu kelompok terdiri dari 59 anak perempuan yang ditugaskan ikut dalam kelas tari 75 menit dua kali seminggu selama delapan bulan.

Kelompok kedua melibatkan 53 anak perempuan yang merupakan kelompok kontrol dan tidak ada perubahan dalam gaya hidup mereka.

Setiap remaja perempuan itu menilai kesehatannya sendiri pada skala nilai 5 sebelum dimulainya penelitian dan tiga kali selama percobaan. Penilaian terakhir dilakukan delapan bulan setelah kelas tari berakhir.

Usai remaja memang saatnya mereka bergejolak. Namun anak perempuan dalam kelompok tari mengalami peningkatan harga diri dibanding lawan mereka dalam kelompok kontrol. Selain itu, 91 persen remaja perempuan di kelas menari merasa mempunyai pengalaman positif.

"Poin studi ini adalah peran aktivitas fisik yang menyenangkan yang mempengaruhi kesehatan," kata para peneliti.

Temuan ini diterbitkan dalam jurnal Archives of Pediatric and Adolescent Medicine.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Blo6 Tips Sehat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger